Kamis, 08 Desember 2016

indikator : mengucapkan terimah kasih secara tepat


1. Tuluslah. Hal yang paling penting dalam mengucapkan terima kasih secara langsung adalah tulus. Orang yang Anda beri ucapan terima kasih harus memahami bahwa Anda memaknai 100% hal yang Anda ucapkan dan bahwa Anda tidak hanya mengucapkan "terima kasih" karena merupakan suatu keharusan padahal Anda tidak sungguh-sungguh mengucapkannya. Inilah cara melakukannya:
  • Gunakan nada suara yang tulus. Jangan mengucapkan "terima kasih" seolah-olah seperti merenung atau seperti diminta melakukannya oleh orang lain. Berbicaralah dengan jelas dengan nada yang tenang, dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar memaknai setiap kata yang Anda ucapkan. Jangan bergumam.
  • Gunakan kata-kata yang tulus. Spesifiklah dan tunjukkan bahwa terima kasih Anda memiliki suatu makna. Jangan hanya mengucapkan, "Terima kasih", padahal Anda sebenarnya ingin mengucapkan "Terima kasih banyak sudah membantuku dengan PRku. Aku tidak akan bisa mengerjakannya tanpa bantuanmu."
  • Jujurlah. Jujur adalah bagian dari ketulusan, jadi terbukalah dan ucapkan hal-hal yang benar-benar Anda maksudkan. Beri tahu orang tersebut, "Aku tidak tahu apa yang akan kulakukan tanpamu", jika Anda benar-benar bermaksud mengucapkannya.
  •  
    Berterima kasihlah. Untuk mengucapkan terima kasih secara langsung, Anda harus menunjukkan bahwa Anda benar-benar berterima kasih atas sesuatu yang telah dilakukan oleh orang tersebut. Anda sebaiknya mengucapkan bahwa orang tersebut telah mempengaruhi Anda dalam suatu hal, baik besar maupun kecil. Ucapan terima kasih Anda tidak boleh asal-asalan, tetapi harus menunjukkan bahwa tindakan orang tersebut benar-benar membuat perubahan. Inilah cara menjelaskan betapa berterima kasihnya Anda:
    • Spesifiklah. Jangan hanya mengucapkan "Terima kasih", tetapi ucapkan "Terima kasih sudah menghabiskan waktu untuk membantuku memilih gaun pesta dansa. Aku tidak akan bisa memilihnya sendirian. Jika bukan karenamu, aku bahkan tidak akan pernah mencoba gaun biru itu, dan sekarang aku tidak bisa membayangkan pesta dansaku tanpa gaun itu."
    • Tunjukkan bahwa Anda memahami bahwa orang tersebut telah berkorban. Baik jika orang tersebut membuat pengorbanan yang besar atau kecil untuk melakukan sesuatu yang baik untuk Anda, Anda harus menunjukkan bahwa Anda menghargai bahwa dia berusaha. Ucapkan, "Terima kasih banyak sudah membiarkanku mampir di rumahmu minggu kemarin. Aku tahu itu adalah waktu yang sangat sibuk untukmu dan tidak mudah untuk kedatangan tamu, dan aku benar-benar menghargai karena kamu tetap mengundangku masuk."
    • Tunjukkan bahwa Anda berterima kasih atas hasil dari bantuan orang tersebut. Jika orang tersebut memberikan buku yang hebat pada Anda untuk ulang tahun Anda, Anda dapat memberitahunya bahwa Anda membaca bukunya, menyukainya, dan bahwa buku itu berpengaruh besar dalam hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar